Taklukkan Windows, Android Jadi Sistem Operasi Terpopuler

Taklukkan Windows, Android Jadi Sistem Operasi Terpopuler

Android vs Windows. (Foto: Android Headlines)

Liputan6.com, California - Android diklaim jadi sistem operasi terpopuler di dunia. Informasi tersebut terkuak dari data yang dilaporkan lembaga riset data StatCounter dengan merangkum data terbarunya terhadap sistem operasi mobile dan desktop.

Menariknya lagi, Android menaklukkan Microsoft Windows yang sebelumnya menduduki sistem operasi paling banyak digunakan orang.

Seperti dilansir Mashable, Selasa (4/4/2017), ini pertama kalinya Windows tumbang dari peringkat teratas. Menurut StatCounter, data tersebut menandakan perubahan konsumsi internet besar-besaran yang dialami pengguna dari desktop PC ke perangkat mobile.

"Ini adalah tonggak sejarah baru di ranah teknologi," kata CEO StatCounter Aodhan Cullen. "Windows sudah menjadi sistem operasi yang paling mainstream dari era 1980an. Dan kini, posisi tersebut diraih Android," ia melanjutkan.

Data itu juga memperlihatkan pangsa pasar sistem operasi secara global dari Maret 2012 hingga Maret 2017. Android mengantongi 37,93 persen, sedangkan Windows meraup 37,91 persen pangsa.

Faktor meningkatnya adopsi sistem operasi Android juga disebabkan pertumbuhan penetrasi smartphone di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Walau begitu, Windows tetap 'merajai' pasar Amerika Utara dan Eropa.

Windows sebetulnya sudah punya strategi untuk merambah pasar mobile dengan sistem operasi Windows Phone. Sayangnya, pangsa pasar Windows Phone terus merosot.

Bahkan, Windows Phone hanya berhasil terjual 5,8 juta unit di seluruh dunia. Jumlah ini menurun jauh dari tahun sebelumnya yang mencapai 9 juta unit.

(Jek/Cas)

Rekomendasi