Android Nougat Masih Sepi Peminat

Android Nougat Masih Sepi Peminat

Android Nougat. Sumber: Google

Liputan6.com, Mountain View - Sistem operasi (OS) Android terbaru, yaitu Nougat (7.0) masih kurang peminat. OS tersebut masih mendapatkan porsi sedikit ketimbang seri pendahulunya, Lollipop dan Marshmallow.

Pada November 2016, tercatat hanya 0,3 persen perangkat yang mengadopsi Nougat. Sementara pada bulan ini, cakupan adopsi pengguna Nougat juga tak terlalu meningkat signifikan.

Nougat hanya naik 1 persen, di mana perangkat yang terinstal sekarang masih di angka 0,4 persen. Demikian dilansir Ubergizmo, Selasa (6/12/2016).

Lantas, bagaimana dengan OS lainnya? Untuk Marshmallow (6.0) memiliki jumlah adopsi yang meningkat, yaitu 26,3 persen.

Sementara, Android Kitkat (5.0) mencakup capaian adopsi pengguna sebanyak 24 persen. Padahal beberapa bulan lalu, Kitkat mendominasi pasar dengan cakupan 29,2 persen.

Posisi teratas kini diduduki oleh Lollipop di mana menguasai 34 persen pangsa pasar, dengan pembagian 11,3 persen untuk versi 5.0 dan 22,8 persen untuk 5.1.

Lebih lanjut, OS Android "jadul", Froyo, hanya tersisa 0,1 persen. Google menjelaskan bahwa data ini berasal dari perangkat yang menjalankan versi terbaru aplikasi Google Play Store, yang kompatibel dengan Android 2.2 atau lebih tinggi.

Nougat kini memang masih menjadi OS andalan smartphone high-end. Beberapa vendor merilis smartphone premium teranyarnya dengan OS tersebut, seperti Google Pixel, LG V20 dan HTC Bolt.

Tentu adopsi pengguna OS ini akan meningkat seiring dengan update yang hadir di smartphone lain.

(Jek/Isk)

Rekomendasi