Jatuh Bangun Julia Perez Lawan Kanker Serviks

Jatuh Bangun Julia Perez Lawan Kanker Serviks

Julia Perez tak pernah menyangka jika dirinya harus berhadapan dengan kanker, salah satu penyakit berbahaya dan mematikan.

Liputan6.com, Jakarta - Julia Perez sempat tak habis pikir mengapa dirinya sampai bisa terkena kanker serviks alias kanker mulut rahim. Setelah diingat-ingat, Jupe --sapaan Julia Perez-- merasa penyakit berbahaya itu muncul karena dirinya salah memakai pembalut ketika menstruasi.

"Secara medis mungkin saya salah memilih pembalut. Ada bakteri-bakteri. Saya tidak bisa menyalahkan orang lain ataupun bakterinya. Saya harus hadapi kanker serviks ini," kata Jupe di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Selasa (4/11/2014) silam.

Zat-zat kimia yang terkandung di beberapa pembalut wanita memang menjadi salah satu dampak munculnya kanker serviks. Bahkan berdasarkan penelitian, pembalut masa kini banyak menggunakan campuran serbuk kayu (pulp) yang didaur ulang untuk menghemat biaya produksi. Padahal, serbuk kayu bisa mengandung ratusan bakteri.

Nikita Mirzani telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan asisten Julia Perez, Lucky. Polisi juga telah siap untuk memanggil ulang janda dua anak itu. (Instagram/juliaperrezz)

Untuk mengatasi penyakit mematikan ini, Jupe pun bertolak ke Singapura guna menjalani pengangkatan sel telur dan kemoterapi. Pelantun lagu "Belah Duren" itu yakin dirinya bisa sembuh. Tak tanggung-tanggung, ia harus menjalani puluhan kali radioterapi agar penyakitnya sembuh.

"Aku lagi menjalani radioterapi. Ini sudah masuk yang ke 11 dari 33 kali radioterapi yang akan dilakukan," kata Jupe menguraikan.

Setelah menjalani terapi selama dua bulan di Singapura, akhirnya Julia Perez bisa bergembira. Pada 2 Januari 2015 lalu, ia pun terapi untuk terakhir kalinya.

Kondisi Julia Perez dikabarkan semakin kritis. Adik Jupe, Nia Anggia memosting foto Jupe yang tengah terbaring lemah di atas kasur ruang perawatan. (Instagram Nia Anggia)

"Akhirnya semua indah pada waktunya. Trimaksih tuhan atas pembelajaran ini. Now I'm ready untuk hidup lebih baik," tambah Jupe. Bahkan kini, berat badannya pun mulai naik dua kilogram selama menjalani liburan di Batam. "Sekarang 44 kilo...semangat," tulis Jupe di Instagram.

Jumat, 17 Juni 2016, Jupe kembali menghuni kamar perawatan rumah sakit. Ia mengunggah foto sedang duduk di kasur RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, dengan tali infus. Sejak itu, ia rajin bolak balik rumah sakit untuk melakukan kemoterapi kanker serviks yang rupanya memasuki stadium 4.

Sejak itu, kondisi kesehatan mantan istri pesepakbola Gaston Castano mulai memprihatinkan. Bentuk tubuhnya yang kurus, bengkaknya beberapa organ tubuh hingga menjalani transfusi darah, jadi rutinitas yang dilewati Jupe selama menjalani perawatan di rumah sakit.

 

Pada Desember 2016 lalu, Julia Perez sempat menggelar pengajian di kediamannya. Selama acara tersebut berlangsung, raut wajahnya terlihat bahagia. Berikut suasana pengajian yang digelar Jupe:

 

Rekomendasi