Nisfu Syaban Seru di Ternate

Nisfu Syaban Seru di Ternate

Sekitar 15 ribu orang menghadiri malam Nisfu Syaban 1438 H di Kampung Tengah, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Ternate, Maluku Utara, Kamis (11/5/2017) malam. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Liputan6.com, Ternate - Sekitar 15 ribu orang hadir pada malam Nisfu Syaban 1438 Hijriah di Kampung Tengah, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Ternate, Maluku Utara, Kamis malam, 11 Mei 2017.

Saat perayaan malam Nisfu Syaban, ribuan anggota jemaah yang berasal dari wilayah Maluku Utara, Sulawesi, dan Kalimantan, sekaligus mengikuti pembacaan doa dari Al Habib Abubakar bin Hasan Alattas Azzabidi.

Pantauan Liputan6.com, perayaan pertengahan bulan Syaban itu dilaksanakan di Pendopo Majelis Ilmu Habib Abubakar, Kampung Tengah, Kota Ternate.

Acara Nisfu Syaban dimulai dengan salat magrib berjemaah. Sebelumnya, seluruh anggota jemaah yang hadir diberikan makanan untuk buka puasa bersama bagi yang berpuasa.

Alwi Albaar selaku Ketua Panitia Nisfu Syaban 2017 mengatakan, setelah salat magrib dilanjutkan dengan pembacaan Yasin sebanyak tiga kali.

"Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa panjang umur agar beribadah kepada Allah SWT, doa diberikan rezeki yang halal agar beribadah kepada Allah SWT, dan doa ditetapkan iman agar melaksanakan ibadah bulan Ramadan," ujar Alwi, kemarin malam.

Setelah pembacaan doa, kata Alwi, dilanjutkan dengan salat isya berjemaah, salat tasbih, serta ditutup dengan makan malam bersama seluruh anggota jemaah yang hadir.

"Alhamdulillah, dari semua ruangan dan tenda-tenda yang disediakan panitia semuanya terisi. Jumlah jemaah yang hadir sekitar 15 ribu orang lebih," kata Alwi.

Ia mengemukakan pula, perayaan Nisfu Syaban 2017 merupakan yang terbesar dari pelaksanaan dua tahun sebelumnya di Ternate. "Dan itu yang diinginkan Habib."

"Selain ketiga doa yang dipanjatkan oleh Habib (Abubakar bin Hasan Alattas Azzabidi), juga ditambahkan dengan doa mempersatukan NKRI agar dijauhkan dari orang-orang yang ingin memecah-belah persatuan dan kesatuan kita," ia menambahkan.

Tujuan dari pelaksanaan Nisfu Syaban untuk meningkatkan ketakwaan dan meminta pengampunan dari Allah SWT.

Sekitar 15 ribu orang menghadiri malam Nisfu Syaban 1438 H di Kampung Tengah, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Ternate, Maluku Utara, Kamis (11/5/2017) malam. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengemukakan, pelaksanaan Nisfu Syaban sangat besar manfaatnya. Selain syiar Islam, juga meningkatkan kualitas keberagaman masyarakat di kota bermoto "Bahari Berkesan" dan umumnya "Bumi Moloku Kieraha".

Acara tersebut bagi Burhan secara tidak langsung telah mendukung Ternate sebagai Kota Agamais.

"Oleh karenanya pemerintah kota menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Habib, yang telah berperan dalam mewujudkan visi Ternate Kota Agamais. Selain itu, dengan adanya kegiatan majelis ini secara langsung memberikan dampak kualitas iman dan takwa terhadap Allah SWT," ujarnya.

Perayaan malam Nisfu Syaban dihadiri pula Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Tugas Dwi Apriyanto, Kepala BIN Daerah dan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Rekomendasi