Pergi ke Jayapura Wajib Mampir Pasar Mama Papua

Pergi ke Jayapura Wajib Mampir Pasar Mama Papua

Pasar Mama Papua (Liputan6.com / Katharina Janur)

Liputan6.com, Jayapura - Bangunan 4,5 lantai berdiri megah di jantung Kota Jayapura, tepatnya di bekas terminal Damri yang terletak di Jalan Raya Percetakan, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Bangun itu dikenal dengan sebutan Pasar Mama Papua.

Pada lantai satu bangunan tersebut, dapat terlihat langsung lapak-lapak pedagang dilengkapi dengan tempat cuci tangan yang terlihat mewah. Biasanya, lapak pedagang pasar di Kota Jayapura hanya terbuat dari kayu atau tripleks, namun kali ini sengaja dibuat permanen dengan semen dan beralaskan keramik.

Mimpi pedagang asli Papua yang kebanyakan terdiri dari perempuan asli Papua atau biasa disebut Mama Papua akan segera terwujud. Awal Mei, pasar akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua Pokja Papua, Judith Dipodiputro, menyebutkan Pasar Mama Papua Damri dapat menampung hingga 300-an pedagang. Pada lantai satu akan berisi pasar basah yang terdiri dari pedagang buah, sayur hingga penjualan ikan, daging dan ayam potong.

Lalu, pada lantai 2 pasar yang dibangun diatas seluas lahan 4.490 meter akan ditempati oleh pedagang kelontongan alias pasar kering.

"Penjualan kerajinan tangan Papua, termasuk noken dan oleh-oleh khas Papua akan dijual di lantai 2, dilengkapi dengan toko pakaian dan makanan kering khas Papua lainnya," kata Judith, Minggu (12/3/2017).

Pada lantai 3 pasar tersebut dikhususkan untuk penjualan makanan jadi khas Papua, termasuk ruangan untuk Rumah Anak Harapan yang diperuntukkan bagi anak-anak pedagang.

"Rumah ini semacam home schooling. Di saat sang mama Papua jualan, si anak bisa belajar di ruangan ini," ucapnya.

 

Rekomendasi