Kisah Mistis Pemadam Karhutla Saat Diganggu Penunggu Hutan

Kisah Mistis Pemadam Karhutla Saat Diganggu Penunggu Hutan

Simulasi pemadaman kebakaran (Liputan6.com/Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi pada 2015 lalu menyisakan beragam cerita yang dialami oleh petugas pemadam kebakaran di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel).

Selain perjuangan mereka memadamkan api yang melahap hutan dan lahan, para pemadam kebakaran juga kerap kali mendapatkan gangguan dari makhluk halus penunggu hutan.

Rohadi (45), pemadam kebakaran perusahaan Asian Pulp and Paper (APP) Sinarmas mengatakan, saat dirinya dan petugas lain memadamkan kebakaran di kawasan Desa Sungai Baung, kobaran api terus menyala. Padahal tidak ada lagi yang terbakar, karena semua sudah menjadi abu.

“Tidak ada lagi yang bersisa, kayu-kayu sudah jadi abu tapi apinya belum padam juga. Kamiterus memadamkan api sampai kecapekan ,” ujarnya kepada [Liputan6.com](http://www.iharnews.com/regional/ ""), Minggu (12/3/2017).

Mereka pun merasakan ada sesuatu yang ganjil , sampai Rohadi merasakan bulu kuduknya berdiri. Akhirnya mereka menghentikan pemadaman dan berdoa bersama-sama untuk memudahkan melanjutkan pekerjaannya.

“Sesudah kami berdoa, api baru mudah dipadamkan,” katanya.

Selain itu, keganjilan juga terjadi saat mereka akan menggunakan mesin pompa air untuk memadamkan kobaran api. Saat dibawa ke lokasi, mesin pompa air mendadak rusak dan tidak bisa digunakan.

Sampai akhirnya mereka mengganti mesin tersebut dengan mesin lainnya. Namun, saat digunakan kembali, mesin yang baru juga tidak bisa digunakan. Mereka merasakan ada hal yang aneh saat itu.

“Padahal mesinnya itu berat, kami harus bolak-balik dari tempat logistik ke lapangan. Saat dicoba diruang logistik, semuanya bisa berfungsi dengan baik,” ujarnya.

Kisah mistis juga dialami oleh Nursaringat (40). Pria asal Yogyakarta ini sudah lama menjadi pemadam kebakaran di perusahaan yang sama, namun baru kali ini dirinya menemukan hal yang aneh didalam hutan.

Saat memasuki kawasan karhutla di Simpang Jaribi Kanal 19, Distrik Sungai Jelutung, Kabupaten OKI Sumsel, salah satu temannya secara mendadak mengalami kesurupan. Lalu, ditengah hutan mereka menemukan sebuah makam lama.

“Teman saya kebagian mengoperasikan alat berat, ternyata alat berat tersebut mengenai nisan makam hingga rusak,” ungkapnya.

Disaat kesurupan, rekannya menyeracau hal-hal yang aneh. Salah satunya adalah memasang kembali nisan makam keramat yang telah dirusak. Akhirnya para tim melaksanakan apa yang disuruh rekannya tersebut.

“Baru kali ini kami menemukan makam di tengah hutan, saya juga bingung,” kata Nur.

Rekomendasi