Warning: file_put_contents(/srv/users/serverpilot/apps/iharnews/public/wp-content/plugins/AGCLiputan6/cache/properti/read/read_2923487.lip): failed to open stream: No such file or directory in /srv/users/serverpilot/apps/iharnews/public/wp-content/plugins/AGCLiputan6/getdata.php on line 359

Kurang Lahan? Pelihara Tanaman di Kamar Mandi Saja!

Kurang Lahan? Pelihara Tanaman di Kamar Mandi Saja!

Keterbatasan lahan bukan berarti membuat Anda tak bisa mendirikan area hijau. Cobalah lirik kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta Luas rumah yang semakin terbatas kadang membuat Anda harus mengesampingkan keinginan memiliki halaman rumah yang cantik. Anda lebih memilih menggunakan area halaman sebagai garasi atau ruangan tambahan.

Akibatnya, keinginan berkebun pun tak tersalurkan. Tapi keterbatasan lahan bukan berarti membuat Anda tak bisa mendirikan area hijau. Cobalah lirik kamar mandi, terutama jika kamar mandi Anda memiliki jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam. Masih belum punya ide? Simak panduan dari Rumah.com berikut ini.

Gunakan rak

Rak gantung di dinding kamar mandi tak hanya bisa digunakan sebagai tempat peralatan mandi. Jika memang ada bagian yang masih kosong, gunakan untuk meletakkan pot mungil tempat tanaman favorit Anda. Tanaman akan membuat kamar mandi Anda menjadi lebih segar.

(Simak juga: 10 Manfaat Tanaman Pot di Dalam Rumah)

Manfaatkan area wastafel

Selain rak, tempat lain yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan tanaman adalah meja wastafel—beruntung jika mejanya agak besar. Area wastafel yang lembap justru membuat tanaman tetap fresh dan tak kekurangan air.

Area washtafel adalah area paling sering digunakan untuk meletakkan tanaman.

Gunakan area jendela

Jika kamar mandi Anda memiliki jendela yang lumayan besar, tempatkan tanaman di dekat jendela tersebut. Manfaatnya, Anda tak perlu lagi mengeluarkan tanaman saat dia membutuhkan sinar matahari. Tanaman juga akan sedikit menghalangi sinar matahari agar tidak menyilaukan kamar mandi Anda.

Dengan menempatkan tanaman di pinggir jendela, Anda tak perlu repot untuk menjemurnya.

Gantungkan di area shower

Tak ada wadah untuk meletakkannya? Gunakan area shower sebagai tempat menggantung tanaman. Siap-siap ingin melihat kamar mandi terus-menerus, nih, karena tanaman mempercantik kamar mandi Anda.

Tak banyak rak atau meja untuk meletakkannya? Pakai rak gantung saja!

Siapkan meja ramping

Bila kamar mandi Anda cukup luas—misalnya kamar mandi di lantai dua yang memang Anda ciptakan sebagai ruangan privat Anda—tambahkan meja ramping sebagai tempat meletakkan tanaman. Pilihlah tanaman dalam pot yang tak terlalu besar.

Keterbatasan lahan membuat ukuran rumah makin kecil. Alih-alih membeli rumah kecil yang jauh dari tengah kota, tak ada salahnya Anda mulai mempertimbangkan apartemen. Keunggulannya, apartemen terletak di tengah kota sehingga Anda tak perlu membuang banyak waktu saat pergi maupun pulang kantor.

Tertarik memiliki apartemen? Lihat pilihannya dengan harga di bawah Rp500 Jutaan!

Foto: homedit

Rina Susanto

Rekomendasi