Ini Alasan Pelek Honda Scoopy Jadi Lebih Kecil

Ini Alasan Pelek Honda Scoopy Jadi Lebih Kecil

Ban Honda Scoopy terbaru ukuran velgnya lebih kecil. (Herdi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Tangerang - Honda Scoopy mengalami penyegaran cukup signifikan. Dari sekian banyak ubahan, sektor kaki-kaki seperti pelek dan ban paling menyita perhatian.

All new Scoopy saat ini mengaplikasi pelek berukuran 12. Sementara model lawas menggunakan ring 14. Berdasarkan data spesifikasi resmi, roda depan all new Scoopy berukuran 100/90-12 59J dan belakang 100/90-12 64J. Artinya, kaki-kaki ini lebih kecil dari model sebelumnya, yakni 80/90-14M/C40P di depan, serta belakang 90/90-14M/C46P.

Menurut Technical Trainning Instructor PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdul Rahman, penggunaan velg kecil pada dasarnya untuk memberikan kesan asli Scoopy yang stylish dan classic.

"Walau peleknya kecil, bannya punya tebal yang lebar dan lebih tinggi. Dengan begitu napak bannya jadi lebih mantap, traksi ke tanah juga jadi enggak licin," beber Mukti saat ditemui saat acara Product Knowledge for Journalist di Wahana Training Center Jatake, Tangerang, Kamis (18/5/2017).

Ia menambahkan, penggunaan pelek lebih kecil juga ingin membuktikan bahwa Scoopy merupakan skuter yang berbeda dari model umumnya.

Lebih lanjut Mukti menyatakan, dengan ban yang lebih besar, lebar, dan tinggi hal itu tidak akan terlalu mempengaruhi bahan bakar. Asal, tekanan angin yang digunakan normal, sesuai aturan yaitu 29 Psi di depan, dan 33 Psi belakang.

"Kalau bobot peleknya belum kami bandingin dengan yang lama, tapi juga belum tentu ukuran kecil jadi lebih ringan," ucapnya.

Sebagai informasi, all new Scoopy dibanderol Rp 17,8 juta On the Road Jakarta. Skutik retro modern ini ditargetkan terjual 55 ribu unit per bulan.

Rekomendasi