Ada Kembaran Mitsubishi Pajero Sport di Tiongkok, Ini Wujudnya

Ada Kembaran Mitsubishi Pajero Sport di Tiongkok, Ini Wujudnya

Landwind X2, mirip Mitsubishi Pajero Sport (Foto: Chinamobil.ru).

Liputan6.com, Beijing - Telah banyak kasus dimana pabrikan asal Tiongkok menjiplak mentah-mentah mobil dari pabrikan lain yang lebih terkenal. Dua tahun lalu misalnya, Tesla Model S dicontek, dan diganti nama jadi Youxia X.

Kasus yang sama kembali terjadi baru-baru ini. Sekarang, model yang dijiplak adalah Mitsubishi Pajero Sport, sport utility vehicle (SUV) yang populer di Indonesia.

Adalah Landwind, pabrikan yang melakukan itu. Mereka menamakan mobil yang mirip Pajero Sport ini dengan sebutan X2. Sebelumnya X2 punya nama kode E36.

Sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas, terlihat jelas bahwa X2 mengadopsi bahasa desain khas Mitsubishi, Dynamic Shield. Ciri khasnya, bentuk wajah mobil seperti huruf "X", namun bagian tengahnya membuka untuk grill.

Memang, jika diperhatikan lebih lanjut, kedua model ini tidak sama persis. Sementara Pajero Sport terlihat lebih tajam, terutama pada bagian grill atas dan lampu, X2 relatif lebih lebar, dengan grill yang juga lebih besar.

Di bagian belakang semakin aneh. Dilihat sekilas saja, bentuknya sangat mirip dengan Outlander Sport. Dari mulai lampu utama, bumper, hingga lekukannya. Mungkin yang agak berbeda hanya rear reflector saja yang lebih bulat.

Ini bukan kali pertama Landwind meniru. Mereka, misalnya, pernah juga membuat model yang mirip dengan Land Rover Evoque. Saat itu Land Rover tidak terima dan menuntut. Meski memang hasil akhir tetap memenangkan Landwind.

Rekomendasi