Kendaraan Spesial buat Emak-Emak, Bajaj, TVS, dan Tiger Roda Tiga

Kendaraan Spesial buat Emak-Emak, Bajaj, TVS, dan Tiger Roda Tiga

Motor listrik roda tiga bermerek Tiger ini dirakit di Jakarta dan komponennya berasal dari China dan Taiwan. (Fajar/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, jagad maya dihebohkan dengan kendaraan roda tiga yang dikendarai ibu-ibu. Diketahui kemudian, ini adalah motor listrik roda tiga yang dirakit di Indonesia dengan komponen dan sparepart asal Tiongkok dan Taiwan.

Lebih jauh, motor ini ternyata tak hanya bisa dikendarai sendiri, melainkan bisa membawa hingga tiga orang penumpang di belakang. Spesifikasi ini mengingatkan kita kembali dengan bajaj oranye dan biru yang kerap berseliweran di ibu kota.

Bajaj pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an. Saat itu kendaraan ini diimpor langsung dari India demi menjawab kebutuhan transportasi perkotaan. Nama bajaj berasal dari produsennya, PT Bajaj Auto. Nama bajaj kemudian sangat identik dengan kendaraan roda tiga, meski PT Bajaj Auto sendiri tak hanya memproduksi produk roda tiga itu.

Karena emisi yang tinggi dan suara sangat berisik, BMW untuk istilah bajaj merah warnanya kemudian diperbaharui. Tercatat sejak 2015 ada penggantian secara besar-besaran bajaj berwarna oranye dengan bajaj biru. Saat itulah TVS, yang juga asal India, juga ikut berpartisipasi.

Bahkan lebih jauh dari itu, TVS kemudian menjadi raja di pasar roda tiga Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kebijakan Pemprov DKI untuk meremajakan bajaj. Tahun itu pula TVS menjual 4.000 unit, atau lebih dari 80 persen total penjualan angkutan umum roda tiga.

Meski memang terkonsentrasi di Jakarta, TVS mengatakan bahwa ke depan, mereka akan terus ekspansi dengan memasuki pasar-pasar lain. Dan ini telah mereka buktikan.

Demi memanfaatkan momentum, bahkan mereka kembali meluncurkan "bajaj" baru bernama TVS King. Lewat produk ini, sepanjang tahun lalu mereka menguasai 60 persen pangsa pasar kendaraan roda tiga berbahan bakar gas (BBG).

Itu dari aspek penguasaan pasar. Apalagi yang berbeda?

Rekomendasi