Niat Modifikasi agar Keren tapi Jadi Salah Kaprah, Apa Saja?

Niat Modifikasi agar Keren tapi Jadi Salah Kaprah, Apa Saja?

Bagaimana tren modifikasi sepeda motor di Bandung?

Liputan6.com, Jakarta - - Modifikasi memang jadi hak siapa saja. Namun di Indonesia, modifkasi tentu harus memiliki aturan. Sebab, niat ingin tampil, beda, keren, dan modis justru malah dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Perlu diketahui, perihal modifikasi ada juga aturannya, seperti Kententuan Pasal 1 angka 12 PP No 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Selain itu, setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi juga tertuang dalam dalam Pasal 52 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No. 55/2012.

Pada dasarnya, kendaraan atau memodifikasi boleh dilakukan. Hanya saja harus dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat dari Kementerian Perhubungan.

Namun demikian, berbagai pemilik kendaraan, khususnya sepeda motor, masih saja banyak yang melakukan modifikasi asal-asalan dan tidak pada tempatnya.

Meski mereka menganggap sepeda motor yang dimodif dianggap stylish dan modis. Ternyata hal itu justru membuat sang pemilik mendapat cibiran dan juga hukuman.

Menurut berbagai sumber, ada beberapa modifikasi yang tak cocok dilakukan, antara lain:

Knalpot Racing

Meski terlihat sangar, ubahan knalpot racing dianggap menggangu karena bising. Bahkan hal itu juga bisa kena tilang polisi. Tak percaya? Coba saja dilakukan saat ada polisi atau razia.

Ban Cacing

Ban jenis ini biasanya berbentuk sangat kurus. Memang ban jenis ini bisa membuat lari motor lebih cepat karena ringan.

Namun menggunakan ban cacing cukup bahaya, karena ban kurang mencengkram ke aspal. Alhasil ban cacing bisa membuat slip.

Headlamp

Bagi yang doyan balapan, rupanya ingin bergaya ala motor balap. Ya, di ajang balap memang tak pernah menggunakan lampu, dan juga spion.

Namun beda jika dilakukan di jalan raya. Hal ini harus digunakan karena bermanfaat, khususnya soal keamanan dan keselamatan.

 

Rekomendasi