Rp 53,4 Miliar Dikucurkan untuk Restorasi Gambut

Rp 53,4 Miliar Dikucurkan untuk Restorasi Gambut

Lahan Gambut

Liputan6.com, Jakarta - Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Milleniun Challenge Account (MCA) Indonesia resmi menandatangani perjanjian kerjasama untuk mendukung pencapaian target. Kerjasama ini senilai Rp 53,4 miliar.

"Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung penguatan institusi kelembagaan Tim Restorasi Gambut di daerah serta mendukung kegiatan konstruksi perbaikan lahan gambut," kata Kepala BRG, Nazir Foead di Jakarta Pusat, Senin 6 Maret 2017.

Menurut Direktur Eksekutif MCA Indonesia Bonaria Siahaan, akan ada dua bentuk dukungan yang diberikan ke BRG yaitu berupa penetapan tim konsultan dan tim di lapangan.

"BRG akan mendapatkan manfaat dari asistensi MCA Indonesia untuk sejumlah kegiatan, berupa peningkatan kapasitas Tim Restorasi Gambut di pusat dan daerah, portal pengetahuan tentang lahan gambut, dukungan bagi penelitian terkait restorasi dan manajemen gambut serta pengembangan sistem pemantauan posisi air dan tumbuhan dengan dukungan piranti keras dan lunak," papar Bonaria yang ditemui di tempat yang sama.

Selain itu, Bonaria melanjutkan, BRG juga akan terlibat dalam dukungan teknis untuk sekat kanal lahan gambut di beberapa daerah di Indonesia.

"BRG akan memanfaatkan peta lahan gambut yang isinya adalah informasi biofisik, sosial, hukum, dan administratif di Muaro Jambi, Jabung Timur, serta Kubu Raya. Dan dukungan teknis untuk sekat kanal lahan gambut di Kalimantan Tengah, Sumateta Selatan, dan Kalimantan Barat," pungkas Bonaria.

Rekomendasi