Sinabung Terus Erupsi, Wilayah Karo Diselimuti Abu Vulkanik

Sinabung Terus Erupsi, Wilayah Karo Diselimuti Abu Vulkanik

Gunung Sinabung Erupsi

Liputan6.com, Karo - Semburan abu vulkanik Gunung Sinabung dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan sejumlah kawasan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diselimuti material abu vulkanik.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin Angin mengatakan, hal ini membuat pihaknya melakukan pembersihan dengan cara penyiraman.

"Kita kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karo untuk membersihkan abu vulkanik di beberapa wilayah," kata Natanail, Selasa 7 Februari 2017.

Penyiraman dan pembersihan material abu vulkanik dilakukan di kawasan permukiman warga, fasilitas umum, lokasi tempat keramaian hingga ladang pertanian milik warga yang diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung.

"Fokus kita di lokasi keramaian dan perumahan penduduk," ucap dia.

Natanail menyebut, tidak hanya penyiraman yang dilakukan, tetapi pihaknya juga membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang beraktivitas di luar rumah. Mereka juga membagikan masker kepada anak-anak yang beraktivitas di sekolah.

"Kita datangi sekolah-sekolah untuk bagikan masker," ungkap Natanail.

Sejak 2 hingga 7 Febuari 2017, BPBD Karo mencatat sudah 47 kali letusan Gunung Sinabung. Sementara dari Pos Pengamatan PVMBG Gunung Sinabung, teramati erupsi disertai luncuran awan panas terus berlangsung tanpa dapat diprediksi kapan aktivitas vulkanik akan menurun.

"Masih erupsi. Statusnya level IV atau‎ tetap awas. Kita imbau kepada masyarakat agar tidak masuk ke zona merah,” tandas Natanail.

Rekomendasi