Mau Punya Lisensi Fotografi Bawah Air, Apa Saja yang Dipelajari?

Mau Punya Lisensi Fotografi Bawah Air, Apa Saja yang Dipelajari?

Surga bawah laut Indonesia bakal dipromosikan pada Asia Dive Expo (ADEX) 2017 di Suntec Exhibition & Convention Center, Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Sejalan dengan wisata bahari yang semakin populer, banyak orang merasa perlu memiliki kemampuan fotografi bawah air. Apalagi kini teknologi mendukungnya dengan beragam pilihan kamera bawah air teranyar. Namun demikian, banyak hal yang perlu dipelajari agar tak hanya aman saat "menjepret" gambar di dalam air, tetapi juga bagaimana caranya agar foto bawah air yang dihasilkan menjadi lebih menakjubkan.

Professional Assosiation of Diving Instructors (PADI), sebagai salah satu asosiasi yang berhak mengeluarkan lisensi, membuka kelas bagi mereka yang ingin belajar fotografi bawah air dan mendapatkan lisensinya. Apa saja yang dipelajari?

Informasi dari situs resmi PADI, Senin (15/5/2017) mengungkap, melalui bimbingan instruktur PADI yang berpengalaman, peserta akan mempelajari mulai dari cara memilih sistem kamera bawah air yang tepat, peralatan selam yang digunakan, hingga metode selam itu sendiri.

PADI dalam situs resminya mengatakan, “Kami memiliki metode SEA untuk fotografi bawah laut, yaitu Shoot, Examine, dan Adjust. Untuk mendapatkan gambar bawah air yang cepat dan bagus, tiap orang perlu menguasai metode ini.”

Selain itu, PADI juga akan mengajarkan tentang prinsip komposisi foto bawah air yang baik, selain juga beragam tips praktis saat ingin mengambil gambar di bawah air.

Selain hal-hal teknis, banyak orang lupa melakukan observasi sebelum melakukan aktivitas foto bawah air. Padahal observasi sangat penting untuk mencari informasi tentang seascape yang bagus, selain juga mengetahui beberapa pantangan yang ada. Mencari informasi dari pemandu wisata lokal menjadi salah satu cara observasi yang bisa dilakukan. 

Bagi Anda yang ingin belajar dan mendapatkan lisensi fotografi bawah laut dari PADI, pendaftaran bisa dilakukan secara online. Melalui program interaktif, Anda bisa belajar teori di mana pun Anda berada, namun Anda juga bisa mendapatkan modul pelatihan dalam bentuk fisik. Anda bisa mengunjungi PADI Dive Centre and Resort yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia untuk memulai latihan praktik. Yang perlu diingat adalah jangan sekali-sekali membawa kamera ke bawah air jika belum menguasai teknik menyelam.

Rekomendasi