5 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

5 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Berbagai Wilayah Indonesia

shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sebentar lagi tiba. Kamu tentu punya cara seru untuk menyambut bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia.

Beberapa daerah di Indonesia punya tradisi menyambut Ramadan yang unik, mulai dari makan bersama, saling bermaafan, hingga berendam di sumur untuk menyucikan diri.

Beberapa cara untuk menyongsong bulan yang penuh berkah ini mungkin pernah Anda lakukan. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum, Selasa (16/5/2017).

Cucurak, Bogor

 

A post shared by Edward and Jason (@nadyaoctoria) on

Beberapa hari sebelum puasa tiba, warga Bogor biasanya melaksanakan cucurak. Untuk Anda yang belum tahu apa itu cucurak, tradisi menyambut Ramadan ini merupakan kegiatan makan besar bersama seluruh warga kampung. Yang membuat aktivitas ini jadi menyenangkan adalah menu-menu sederhana seperti nasi, lauk, sayur, dan sambal disajikan di atas daun pisang yang lebar. Kemudian, dinikmati bersama-sama secara lesehan. Suasana keakraban akan sangat terasa selama cucurak berlangsung.

Dudgeran, Semarang

Kalau kegiatan yang satu ini berasal dari Kota Semarang. Tradisi Dugderan sudah ada sejak ratusan tahun. Biasanya diadakan satu sampai dua minggu sebelum bulan puasa datang. Acara Dugderan mirip seperti sebuah karnaval atau pesta rakyat karena terdapat arak-arakan, tabuh beduk, serta tari-tarian japin dari Balai Kota ke Masjid Kauman. Dugderan akan semakin meriah dan ramai karena suara beduk serta meriam yang didentumkan selama acara berlangsung.

Balimau, Riau

 

A post shared by Rezqe Indra (@rezchyoem) on

Tradisi Balimau dilakukan dengan cara menyucikan diri menggunakan jeruk nipis lalu berendam di sungai. Aktivitas satu ini sudah dilakukan turun-temurun selama berabad-abad. Tujuan dilakukan Balimau adalah untuk membersihkan tubuh sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Meugang, Aceh

 

A post shared by Aceh Info (@acehinfo) on

Tradisi menyambut Ramadan selanjutnya adalah Meugang yang berasal dari Aceh. Pada saat Meugang, warga biasanya akan menyembelih kambing atau kerbau untuk kemudian dimasak dan dimakan bersama-sama. Tradisi ini akan dilakukan satu hari sebelum Ramadhan datang. Meugang menjadi wujud syukur atas rezeki yang didapat selama setahun terakhir. Selain Ramadan, tradisi Meugang juga dilaksanakan saat Idul Fitri dan Idul Adha.

Malamang, Minangkabau

Tradisi unik menyambut Ramadan ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Aktivitas satu ini adalah kegiatan membuat lemang bersama dengan warga. Lemang adalah panganan yang terbuat dari ketan dan dimasak dalam seruas bambu kemudian dibakar. Lemang yang matang kemudian akan diantarkan ke rumah-rumah warga. Acara gotong royong membuat lemang ini bisa jadi ajang silaturahmi dan saling bermaafan sebelum Ramadan datang.

Anda mungkin berminat untuk datang ke salah satu daerah tersebut untuk bisa ikut memeriahkan acara menyambut Ramadan. Siapkan rencana perjalanan Anda dari sekarang. Beli tiket pesawat dan booking hotel secara online di Reservasi.com. Dapatkan diskon hingga Rp 1 juta setiap harinya di sini ya!  

 

 

Rekomendasi