Apakah Anda Termasuk Pembeli Impulsif Saat Belanja? Ini Solusinya

Apakah Anda Termasuk Pembeli Impulsif Saat Belanja? Ini Solusinya

Kerap impulsif saat belanja? Siasati dengan tips berikut ini. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami pengalaman saat berada di pusat perbelanjaan lalu tanpa sadar sudah belanja banyak hal? Kalau jawabannya pernah, selamat! Itu artinya Anda sudah melakukan pembelian impulsif.

Pembelian impulsif itu adalah pembelian tanpa rencana. Dorongan untuk melakukan kegiatan yang satu ini sangat sulit ditahan. Biasanya terjadi secara spontan saat sedang melihat produk tertentu.

Mesti waspada kalau Anda sering melakukan hal ini, karena ini menyangkut urusan keuangan. Kalau berkepanjangan dan tidak segera diantisipasi, bukan tidak mungkin kondisi finansial kita berantakan.

Tak mau kan tujuan keuangan di masa depan jadi kacau karena tidak mampu mengendalikan kebiasaan belanja impulsif ini?

Sama halnya seperti penyakit yang mesti ditelusuri dulu asal muasalnya sebelum diobati, Anda juga harus mengetahui penyebab munculnya kebiasaan impulsif ini jika ingin memperbaikinya. DuitPintar.com merangkum beberapa hal yang mungkin menjadi pemicu kebiasaan impulsif Anda.

1. Merasa hidup ada yang tidak lengkap 

Orang yang merasa hampa alias merasa ada sesuatu yang tidak lengkap dalam hidupnya, cenderung melampiaskan rasa itu dengan cara berbelanja. Mereka merasa kekosongan dalam hidup tersebut dapat diisi dengan membeli barang-barang.

Perasaan terpenuhi yang didapat tiap berbelanja itulah yang akhirnya mendorong mereka untuk sering melakukan pembelian impulsif.

Rekomendasi