Naikkan Standar Kelulusan, Peminat UMM Justru Naik

Naikkan Standar Kelulusan, Peminat UMM Justru Naik

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar tes tulis bagi 2.756 calon mahasiswa baru (camaba) jalur reguler gelombang I

Liputan6.com, Malang Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar tes tulis bagi 2.756 calon mahasiswa baru (camaba) jalur reguler gelombang I. Setelah melakukan tes tulis, camaba langsung mengikuti tes wawancara di masing-masing program studi (prodi). Sementara, hasil tes tulis dan wawancara akan diumumkan pada Jumat (12/5) mendatang.

Sebelumnya, sebanyak 2.844 camaba dinyatakan diterima akhir bulan lalu. Jumlah ini merupakan camaba yang lolos melalui jalur undangan dari total 9.108 peminat. Meski dinyatakan lolos tanpa tes tulis, camaba yang tersaring melalui jalur prestasi akademik maupun non-akademik ini wajib mengikuti tes wawancara dan herregistrasi pada Selasa hingga Kamis (2-4/5) pekan lalu.

Sekretaris unit Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr Moh Mahfud Effendi menyatakan, jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan ini meningkat dibandingkan tahun lalu. “Peningkatan mencapai 146%, tahun lalu jumlah yang diterima sebanyak 1.944. Tahun ini, meski standar nilai rata-rata naik dari 75 menjadi 80, tapi antusias camaba untuk mendaftar di UMM juga meningkat,” terang Mahfud. Mahfud menambahkan, tes wawancara dilakukan untuk mengetahui kualitas dan motivasi calon mahasiswa baru sesuai dengan kebutuhan masing-masing prodi.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof Dr Syamsul Arifin menyatakan meski mengalami peningkatan, jumlah peminat UMM terbilang stabil di tiap tahunnya. Ia juga mengatakan, UMM tetap menomorsatukan kualitas mahasiswa yang akan diterima, baik melalui jalur undangan maupun reguler.

“Meski diterima tanpa tes tulis, tapi kualitas mahasiswa yang diterima jalur undangan tetap menjadi poin utama. Peminat UMM meningkat tiap tahunnya, standar nilai pun meningkat, tes wawancara adalah salah satu cara untuk mengetahui kualitas mahasiswa tersebut,” ujarnya.

Penulis :

Ade Chandra Sutrisna
Reporter Tim Humas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Rekomendasi