Musim Depan, Liga Inggris Hukum Keras Pelaku Diving

Musim Depan, Liga Inggris Hukum Keras Pelaku Diving

Striker Manchester United (MU) Marcus Rashford dituduh melakukan diving untuk memenangkan penalti pada laga Liga Inggris melawan Swansea City, April 2017. (AP Photo/Martin Rickett)

Liputan6.com, London - Pemain Liga Inggris akan berpikir dua kali sebelum melakukan simulasi pada musim depan. Sebab, mereka berpeluang terkena hukuman.

Otoritas Liga Inggris mencoba mengurangi kecurangan dengan membentuk panel. Mereka kemudian memantau setiap pertandingan dan mencari apakah ada pemain yang mengecoh wasit melalui diving.

Panel tersebut nantinya berisi mantan wasit, mantan pemain, dan mantan pelatih. "Mereka yang ditemukan bersalah akan dilarang merumput," tulis operator Liga Inggris, dikutip BBC.

Otoritas Liga Skotlandia sudah menerapkan sistem itu pada musim ini. Terdakwa pertama adalah winger Hearts Jamie Walker yang melakukan diving pada duel versus Glasgow Celtic. Dia kemudian dilarang merumput di dua pertandingan.

Kasus diving kembali mencuat di Liga Inggris. Beberapa yang mencolok di antaranya dilakukan Marcus Rashford (Manchester United), Leroy Sane (Manchester City), dan Harry Kane (Tottenham Hotspur).

Rekomendasi