4 Trik Negosiasi Gaji

4 Trik Negosiasi Gaji

Berikut tips dan trik lakukan nego gaji dengan perusahaan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Saat proses melamar pekerjaan baik bagi mahasiswa baru lulus kuliah dan karyawan yang ingin pindah kerja tak lepas dari negosiasi gaji.

Melalui proses negosiasi gaji ini memang tidak mudah. Kadang perlu trik untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan pengalaman dan kemampuan Anda.

Wendi Weiner, salah seorang pengacara dan Forbes Career Coach menceritakan pengalamannya sebagai seorang pengacara dan menghabiskan waktu untuk negosiasi baik klaim asuransi dan lainnya turut membantu dia dalam negosiasi gaji.

Ia menuturkan, strateginya telah membantu dia untuk memungkinkan mendapatkan kenaikan gaji yang sesuai dan peran berikutnya dalam bekerja. Wendi mengatakan, kalau isu pencari kerja merasa mereka tidak dibayar sesuai dengan penghasilan yang layak. Namun, jika Anda belum memiliki pengalaman dan keahliaan memang sulit untuk mendapatkan "penghasilan yang layak" itu. Wendi menuturkan, pengalaman dan keterampilan menjadi pertimbangan dalam strategi negosiasi gaji.

Jadi bagaimana Anda bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang sesuai? Berikut tipsnya seperti dikutip dari laman huffington post, seperti ditulis Selasa (21/3/2017):

1. Tahu strategi

Wendi menuturkan, seperti negosiator yang baik, Anda harus punya rencana termasuk soal pembicaraan gaji. Untuk mengetahui informasi soal gaji tersebut, Anda perlu melakukan riset dari sejumlah pesaing perusahaan yang Anda lamar.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berapa nilai atau penghasilan yang wajar sesuai dengan tingkat Anda. Informasi gaji tersebut juga kini bisa didapatkan di sejumlah situs. Wendi mengingatkan, gaji bukan tentang apa yang Anda pikir layak melainkan apakah perusahaan telah membayar karyawan dengan posisi dan keterampilan yang dimiliki.

Rekomendasi